Facebook Twitter RSS
banner

Hukum Qurban di Idul Adha Menurut Islam

 Hukum Qurban di Idul Adha Menurut Islam

Halo sahabat KYBC, kali ini mimin ingin share gimana sih hukum berkurban menurut islam? Karna gak terasa ya sedikit lagi kita akan lebaran Idul Adha lho. Nah untuk hukum dan lebih jelasnya yuk sama sama kita baca artikel berikut ini. 

Untuk berqurban, orang perlu dana atau uang untuk bisa mewujudkannya. Ya. Memang berqurban perlu sekali uang agar bisa membeli hewan qurban yang baik dan bagus. Namun, bagaimana untuk orang yang kurang mampu? Tentu akan sulit untuk berqurban. Hal ini menjadikan pertanyaan hukum qurban di Idul Adha itu seperti apa dan bagaimana hal tersebut sebenarnya masih diperdebatkan hingga sekarang oleh para ulama. Akan tetapi intinya tetap sama. Yaitu jika seorang Muslim itu mampu dan belum berqurban sama sekali, hal tersebut diwajibkan untuk berqurban. Tidak lah pantas jika seorang Muslim yang mampu dan berkecukupan, tetapi sama sekali tidak ada niat untuk berqurban.

Qurban boleh dilakukan berkali-kali selama Anda mampu dan bercukupan. Selama niatan Anda baik untuk bisa berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan, tentu saja sangat dibolehkan oleh Allah. Para ulama sendiri saling mendebatkan tentang hukum qurban di Idul Adha. Ada yang bilang jika berqurban sangat diwajibkan untuk Muslim yang lapang harta atau kaya, dan disunahkan untuk orang yang kurang harta atau kurang lapang harta. Akan tetapi ada juga yang berpendapat entah kaya atau miskin, hukum berqurban itu sunah. Yang jelas, jika Anda merasa mampu dan berkecukupan, entah itu satu atau dua kali dalam hidup Anda, lakukanlah qurban saat Idul Qurban. Hal tersebut juga mempunyai banyak sisi positif di dalamnya.

Sisi positif dari hukum qurban di Idul Adha itu sangatlah besar, selain mendapatkan pahala yang besar untuk menabung di akhirat nanti, juga membantu para saudara-saudara Muslim kita yang kurang mampu untuk bisa merasakan makan daging. Bagi orang yang mampu atau kaya, memakan daging itu sudah menjadi hal yang biasa atau lumrah, akan tetapi untuk orang-orang yang kurang mampu pasti sangat jarang memakan daging. Bahkan mungkin bisa dikatakan setahun sekali. Makan daging bagi mereka adalah suatu kemewahan. Dan kemewahan tersebut bisa menjadikan kebahagiaan bagi mereka. Tentu saja membahagiakan orang lain dengan jalan yang benar akan menambah pahala yang besar untuk Anda dan keluarga.

Allah SWT, akan memberikan keringanan rezeki atau kemurahan rezeki pada orang-orang yang sangat suka bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Jika berqurban juga harus memilih hewan qurban yang bagus dan juga gemuk. Agar yang mendapat bagian juga merasa puas atas apa yang telah mereka terima. Terlepas dari hukum qurban di Idul Adha, entah itu sunah atau wajib, jika Anda merasa mampu dan ikhlas dalam berqurban maka akan terasa sangat ringan untuk dijalankan. Sisihkanlah sebagian hartamu untuk bersedekah agar bisa mendapatkan kemuliaan dari Allah. Siapa sih yang tidak ingin masuk ke Surganya Allah? Tentu semuanya mau dan menginginkannya.

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 comments: