Facebook Twitter RSS
banner

Berani Lakukan Tiga Aksi ini Ketika Berlibur di Padang?


    Sumber foto: hariansinggalang.co.id

Halo sobat KYBCI, pada kali ini saya akan coba membagi informasi untuk pencinta travel terutama yang suka banget nih sama kota padang, gak cuma makanannya aja yang sudah mereja lela di seluruh indonesia, apalagi rendangnya yang terkenal itu haduh jadi lapar nih mimin😋. Padang memang terkenal dengan Jam Gadang (Jam Raksasa). Jika kamu ke Padang hanya untuk melihat dan memotret Jam Gadangnya saja sangat disayangkan. Karena di Padang masih banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan, selain pesan hotel murah di Reservasi.com.

Masih bingung untuk melakukan kegiatan apa aja selama di Padang? Tiga kegiatan di bawah ini akan membuat liburan kamu di Padang lebih menyenangkan, di antaranya:


1.       Bersumpah di Pulau Pasumpahan

Bersumpah di Pulau Pasumpahan

Ranah minang terkenal dengan dongeng Maling Kundang si anak durhaka yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya. Konon di tempat inilah Malin Kundang dikutuk menjadi batu. Tempat ini dinamakan pulau Pasumpahan, yang berasal dari kata ‘sumpah’.  Di pulau Pasumpahan terdapat bukit yang menyerupai orang yang sedang bersujud atau memohon.  Bukit ini dianggap jelmaan dari Malin Kundang.

Pulau yang memiliki luas 5 hektare ini memiliki hamparan pasir putih yang luas. Kedalam perairan laut di sekitar pulau ini menimbulkan warna yang mengagumkan.  Pada pinggir dataran laut berwarna bening, hijau pada bagian depannya, dan membiru pada bagian yang lebih ke tengah.

Dari kota Padang, kamu tak perlu kesulitan untuk sampai di Pulau Pasumpahan. Meskipun tempatnya tak jauh dari Kota Padang, setelah kamu sampai di pulau Pasumpahan kamu akan merasa terisolir dan merasakan ketenangan jauh dari hiruk pikuk kendaraan.

Berbagai kegiatan seperti snorkeling, berenang, menyelam, atau mengelilingi pulau dapat kamu lakukan di sini. Untuk spot menyelam atau diving yang terbaik, kamu dapat pergi ke pulau ular, pulau pandan, pulau sirandah, ataupun pulau gosong yang lokasinya tak jauh dari pulau pasumpahan. Berbagai habitat laut seperti penyu, teripang, dan ikan sontong dapat dengan mudah kamu temukan di sini.

Ingin berpetualang di Pulau Pasumpahan? Kamu bisa mendaki bukit yang memiliki ketinggian 100 meter yang berada di sisi utara pulau.  Atau, saat menuju Pulau Pasumpahan, kamu dapat mengambil rute menuju  Sei Pisang, yang letaknya 20 kilometer dari Kota Padang.  Jalanan berbatu dan hutan akan kamu lewati sepanjang 4 kilometer. Sesampainya di Sei Pisang, dilanjutkan dengan menumpangi perahu nelayan dan 15 kemudian sampailah di pulau terpencil nan indah, Pulau Pasumpahan.

2.      Bersyukur Makan Sate Mak Syukur

Bersyukur Makan Sate Mak Syukur

Cuma makan sate aja harus bersyukur segala? Eits jangan salah, setiap hari makan aja kita harus beryukur, apalagi kalau makan makanan yang legendaris kaya sate Mak Syukur ini. Namun, jangan salah kaprah jika kamu menganggap Mak dalam ini berasal dari kata Emak yang artinya Ibu. Mak dalam ‘Mak Syukur’ ini berasal dari nama ‘Mamak’ panggilan untuk laki-laki dewasa.

Sate Mak Syukur begitu legendaris karena Bapak Syukur Sutan Rajo Indah telah membuka usaha sate ini sejak dari tahun 1941. Meskipun beliau telah wafat tapi warisan resepnya pun dilanjutkan oleh anak dan keluarganya hingga sekarang, dan citarasa masih terjaga dengan sangat baik.  Perbedaan sate Mak Syukur dibandingkan sate lain terletak pada kuahnya yang kuning, kental, dan gurih. Satenya terbuat dari tulang rusuk dan punuk sapi yang dimasak sampai empuk bersamaan dengan kuah kuning kental tersebut.  

Dalam satu porsi tersedia ketupat dan tujuh tusuk sate, dengan tiga daging dalam satu tusuk sate yang disajikan di atas daun pisang. Penasaran ingin mencicipi sate legendaris ini? Sebaiknya datanglah sebelum magrib ke Jalan Sutan Syahrir, Padang Panjang.  Karena, meskipun jam operasional Sate Mak Syukur mulai dari 09.30 – 21.00 WIB, sebelum magrib sate-sate sudah habis terjual.

3. Belanja Oleh-Oleh

Belanja Oleh-Oleh

Gak afdol rasanya kalau pergi berlibur tidak membawa buah tangan khas dari kota yang disambangi untuk keluarga, sahabat atau rekan kerja. Oleh-oleh ciri khas dari Padang yaitu songket, kain sulam karancang, kerupuk kulit, dan aneka kripik. Untuk membeli aneka kripik atau cemilan, kamu dapat mengunjungi Kripik Balado Shirley yang berada di Jalan Gereja No. 36. Toko tersebut dapat dikatakan luas, bersih dan memiliki oleh-oleh makanan yang lengkap. Jika ingin membeli asesoris ataupun pakaian, kamu dapat menemukannya di pasar-pasar di Kota Padang.  Atau, agar lebih mudah, kamu dapat mengunjungi pasar Bukittinggi yang menjual oleh-oleh dengan cukup murah mulai Rp10.000 per tiga buah hingga Rp25.000,-/buah. Namun, jika Anda tertarik membawakan kopi sebagai oleh-oleh. Anda dapat menikmati kopi daun di Kiniki Enterprise. Uniknya,  kopi ini terbuat dari daun kopi.

Dari ketiga kegiatan di atas, mana yang akan kamu dahulukan? Sebelum menentukan kegiatan yang akan dilakukan pada hari pertama berlibur di Kota Padang. Sebaiknya, segera cari hotel murah di Padang, sekitar objek wisata yang pertama akan kamu kunjungi. Untuk meminimalisir biaya dan waktu, Anda dapat cari hotel murah di Padang melalui reservasi.com.

Nah itulah yang dapat mimin share tentang kota Padang, So tunggu apalagi yuk kita terus jelajahi wisata-wisata di negeri kita Indonesia ini.

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 comments: